Saturday, September 8, 2012

Budaya Telat,Sehat??

ini artikel yang saya buat , sedikit-sedikit ngopas dari artikel yang berkaitan..
cuma sumbernya lupa hehe
ini dia


Budaya telat,Sehat?

        Datang terlambat rasanya sudah menjadi budaya atau penyakit akut yang sulit disembuhkan. Baik itu anak sekolah, mahasiswa, karyawan kantor dan seminar. Jika terlambatnya lima hingga sepuluh menit bisa dimaklumi.Tapi kalau terlambatnya setengah hingga satu jam tentu sangat keterlaluan. Terlambat sendiri bisa dikatakan keadaan dimana suatu hal tidak berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan,atau tidak tepat waktu.
         Menurut pengamatan dengan cara survey melalui angket,dengan sampel yang diisi oleh 25 orang siswa SMA di Bandung,70% pernah datang terlambat ke sekolah.Tingginya prosentase tersebut menunjukkan bagaimana bagi generasi muda sekarang terlambat bukanlah hal yang tabu lagi. Otomatis juga menunjukkan jika kesadaran berdisiplin siswa masih rendah.
         Lalu apa dampaknya budaya telat kepada kesehatan?
Kesehatan yang saya maksud disini (dalam lingkup yang lebih kecil yaitu terlambat di sekolah), adalah kesehatan dalam Proses KBM.Siswa yang terlambat di sekolah saya,diberi hukuman untuk membersihkan sekolah dan tidak boleh masuk kelas selama 1 jam pelajaran (45 menit pertama).Apabila seorang siswa terlambat lebih dari 3 kali dalam seminggu tentu sangat mengganggu belajarnya,selain dia ketinggalan pelajaran,di hari itu juga mungkin ia akan tidak fokus,lalu banyak peralatan sekolah dan tugas-tugas yang tidak terbawa karena tidak ada persiapan pada malam hari,terburu-buru ketika berangkat sekolah juga bisa berdampak terjadinya kecelakaan.
Proses KBM terganggu karena tidak efektifnya kerja siswa tersebut,bila ini dilakukan terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan menjadi sangat sulit untuk dirubah.Membayangkan bila 70% siswa pernah terlambat dan sudah menjadi sebuah kebiasaan.Tentu proses KBM berjalan tidak sehat dan sekolahlah yang akan kewalahan.
        Nah berikut ini ada tips agar kita sebagai siswa tidak terlambat berangkat ke sekolah
  • ·        Jangan tidur terlalu malam, atau begadang, dan jangan tidur setelah subuh.
  • ·        Memasang alarm agar bangun tepat waktu
  • ·        Bersiap diri dengan taktis
  • ·        Ketika malam hari sudah mempersiapkan segala sesuatu yang akan dipakai esok harinya
  • ·        Sebaiknya berangkat pagi-pagi untuk mengurangi kemacetan di jalan dan menghindari rasa tergesa-gesa.

         Oleh karena itu sudah saatnya kita berubah dengan menerapkan disiplin waktu bagi diri sendiri, orangtua mengajarkan kedisiplinan kepada anak-anaknya. Selain itu, orangtua dan guru harus memberikan teladan, jika ingin anaknya memiliki sikap disiplin, tentu orangtua dan guru harus memilikinya sikap disiplin terlebih dahulu.Segalanya dimulai dari diri kita. Banggalah kalau datang tepat waktu, kita tidak akan rugi. Karena perbuatan baik itu bernilai ibadah.

No comments:

Post a Comment